19
Sep
08

masalah krusial perbankan

PROBLEMATIKA PERBANKAN

Pengarang: Dr. Zulkarnain Sitompul, SH, LL.M_

Cetakan pertama, 2005

 

Penerbit:

Books Terrace & Library

Kompleks Metro Trade Center Blok B No. 21

Jalan Soekarno-Hatta, Bandung 40286

 


Menurut Zulkarnaen Sitompul, bahwa penyebab yang paling populer dari kegagalan bank adalah karena kelalaian pengurus bank, serta praktik penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pengurusnya sendiri karena sangat sulit untuk mendeteksinya. Hal ini dapat dilihat dari praktik perbankan
Indonesia dengan besarnya kredit yang disalurkan kepada kelompok usahanya sendiri tanpa menyediakan jaminan yang memadai. Di Amerika Serikat, pemberian kredit yang tidak dijamin secara cukup dikategorikan sebagai penipuan. Fred Galves ada mengemukakan bahwa “the best way to rob a bank is to own one“. Oleh sebab itulah diperlukan suatu metode pengawasan dan pemeriksaan yang spesifik untuk mencegah dan memberantas kejahatan perbankan.

Pengawasan eksternal dilakukan oleh regulator (Bank Indonesia) meliputi 4 kewenangan. Pertama, kemungkinan adanya celah (fitfall) pada regulasi. Kedua, mengkaji metode pemeriksaan (audit) untuk diterapkan oleh Badan Pengawas. Ketiga, mekanisme pemberian ijin dan pencabutan ijin usaha bank. Keempat, efektifitas penjatuhan sanksi. Sedangkan pengawasan internal dilakukan oleh manajemen bank dengan menerapkan good corporate governance dan prinsip Know Your Employee. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengawasan oleh masyarakat meliputi penerapan prinsip keterbukaan. Demikian sebagian isi buku yang cukup penting ini.

Meskipun buku ini merupakan “kumpulan tulisan” (artikel dan paper) akan tetapi karena di dalam pembahasannya menggunakan pendekatan inter disipliner, sehingga secara komprehensif mampu menyajikan suatu deskripsi yang utuh dan analisis yang tajam tentang masalah-masalah krusial dan aktual yang dihadapi industri perbankan dari dahulu hingga sekarang, dan disertai pula dengan alternatif solusinya. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, buku ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pengembangan dan kemajuan industri perbankan, khususnya di Tanah Air. (EN)


0 Responses to “masalah krusial perbankan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 75,846 hits

%d blogger menyukai ini: