19
Sep
08

hukum telekomunikasi

HUKUM TELEKOMUNIKASI INDONESIA

Pengarang: Asril Sitompul Sitompul, SH, LL.M

Cetakan pertama, 2005

 

Penerbit:

Books Terrace & Library

Kompleks Metro Trande Center Blok B No. 21

Jalan Soekarno-Hatta, Bandung 40286

 

Dalam Kata Sambutan Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kristiono, antara lain disebutkan bahwa sektor telekomunikasi merupakans ektor yang unik, disamping menjadi pendukung bagi sektor bisnis lainnya, telekomunikasi sendiri juga menjadi sektor bisnis yangs angat menarik. Kecenderungan privatisasi yang disertai dengan kompetisi, memerlukan aturan main yang jelas. Meskipun kecenderungan yang terjadi adalah deregulasi, namun tidak dapat disangkal bahwa hukum merupakan faktor yang penting dalam kehidupan bisnis telekomunikasi. Peta bisnis telekomunikasi mengalami perubahan sangat cepat. Terjadinya konvergensi teknologi dan bisnis membuat sektor ini bergerak cepat dan cenderung mengalami turbulensi. Hal ini memerlukan perhatian khusus baik dari sisi teknologi, regulasi, struktur pasar, maupun dari sisi persaingan usaha. Khasanah perpustakaan Indonesia yang berisikan pembahasan tentang telekomunikasi tidak banyak dan jika ada hampir seluruhnya merupakan pembahasan masalah yang berkaitan dengan teknik telekomunikasi, sedangkan buku yang membahas telekomunikasi dari sisi hukum dapat dikatakan belum ada. Buku-buku hukum telekomunikasi yang ada saat ini, selain langka, hampir semua berasal dari negara lain, yang tentunya dalam beberapa hal kurang cocok dengan sistem hukum Indonesia. Untuk itu kami menyambut baik upaya Saudara Asril Sitompul untuk menerbitkan buku yang membahas masalah hukum di bidang telekomunikasi dari sudut pandang hukum Indonesia. Buku ini kami harapkan akan dapat membuka jalan bagi berbagai pihak untuk melakukan penelitian yang lebih lanjut agar bidang hukum ini akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Kami berharap semoga buku ini bermanfaat dan berguna bagi masyarakat yang tertarik mempelajari sektor telekomunikasi.  

Menurut pengarang buku ini, bahwa semula telekomunikasi hanyalah merupakan wahana yang digunakan manusia untuk dapat berhubungan dengan manusia lain. Kemudian teknologi komunikasi berkembang dengan berbagai penemuan baru, yang seiring denga kemajuan iptek, sehingga penggunaan telekomunikasi turut berkembang. Sekarang telekomunikasi telah menjadi pendukung di berbagai sisi kehidupan manusia, mulai dari sisi sosial, ekonomi, pemerintahan dan perdagangan. 

Perkembangan penggunaan telekomunikasi diiringi dengan bergesernya fungsi dan peran pemerintah di bidang ini, dimana semula pemerintah memperlakukan telekomunikasi sebagai public utility yang harus dikontrol dan dikuasai sepenuhnya oleh Negara, namun kemudian dengan perkembangan dunia telekomunikasi yang sangat cepat dan area pemanfaatannya yang semakin luas, maka telekomunikasi tidak lagi sekedar alat perhubungan semata, tetapi juga berkembang menjadi sector bisnis tersendiri disamping fungsinya sebagai pendukung sector bisnis lainnya. Hal ini bukan saja terjadi di Indonesia akan tetapi juga hampir di semua Negara di dunia. Perubahan mindset tersebut tampak dari terjadinya privatisasi sector telekomunikasi di seluruh dunia yang dimulai dari Negara-negara maju dan kemudian diikuti oleh negara-negara berkembang. 

Peraturan dan regulasi di bidang telekomunikasi di Indonesia boleh dikatakan cukup banyak dan rumit serta beragam mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri, peraturan dirjen dan peraturan dari penyelenggara telekomunikasi itu sendiri. Untuk itulah buku ini diterbitkan dengan harapan dapat berguna bagi pembaca sebagai pengantar dan pengenalan mengenai hukum dan regulasi yang mengatur bidang telekomunikasi. (EN)

 

 


5 Responses to “hukum telekomunikasi”


  1. 1 sintong silaban
    Desember 30, 2009 pukul 4:11 am

    saya tertarik dan ingin mendapat buku “hukum telekomunikasi” karangan Sitompul, bisa anda membantu saya? kebetulan saya sedang mempoersiapkan tesis. thanks

  2. Desember 30, 2009 pukul 10:54 am

    Terima kasih Bpk Sintong Silaban atas kumjungannya ke situs kita ini. Mohon maaf saya hanya memiliki satu buku untuk pustaka. Kalau Bpk berkenan dapat menghubungi langsung penerbitnya:

    Books Terrace & Library
    Kompleks Metro Trande Center Blok B No. 21
    Jalan Soekarno-Hatta, Bandung 40286
    Telp/Fax : 62-22-7537555

  3. 4 Andi Tito
    April 7, 2010 pukul 4:28 am

    Bapak Edi ysh

    Kebetulan saya sudah mempunyai buku Hukum telekomunikasi Indonesia karangan Bpk. Asril Sitompul, apakah bapak punya referensi buku lain untuk materi yang sama tentang aspek hukum telekomunikasi untuk dapat dipergunakan sebagai pengayaan wawasan bidang regulasi di industri telekomunikasi. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 75,846 hits

%d blogger menyukai ini: