16
Agu
10

Rahasia Bank dan Penegakan Hukum

 

RAHASIA BANK DAN PENEGAKAN HUKUM

Dr. Yunus Husein, SH, LLM 

Cetakan pertama: September 2010

viii + 185 hlm + Bibliografi + Indeks, 15 cm x 22 cm

Disain cover: Fatimah Az Sahra 

Tataletak isi: Edi Nasution

HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG

ISBN 978-979-18386-3-4

~~~o0o~~~o0o~~~o0o~~~o0o~~~o0o~~~o0o~~~o0o~~~ 

 

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama sekali diucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi waktu dan kesempatan sehinggga penulisan buku ini dapat dirampungkan, dan tidak lupa pula ucapan salawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Pada saat ini, praktis di semua negara berlaku ketentuan rahasia bank secara universal. Ketentuan rahasia bank ini diperlukan bukan saja untuk kepentingan nasabah bank, tetapi juga untuk kepentingan industri perbankan, bangsa dan negara. Sebagai lembaga kepercayaan yang mempunyai fungsi sebagai perantara keuangan (financial intermediary), bank memerlukan ketentuan rahasia bank agar dipercaya oleh nasabahnya, sehingga bank dapat menghimpun dana dari masyarakat. Dana dari masyarakat itulah yang disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman dan pembiayaan, untuk membiayai kegiatan investasi dan produksi. Kegiatan investasi dan produksi inilah yang menghasilkan barang dan jasa  dan menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi. Dengan danya pertumbuhan ekonomi ada lapangan kerja yang terbuka, ada barang dan jasa yang  dapat dikonsunsi dan diekspor, ada pajak yang masuk ke negara baik dari perorangan maupun dari perusahaan. Dengan demikian pengangguran menjadi berkurang dan kesejahteraan dan keamanan masyarakat membaik.

Di sisi lain, tegaknya hukum yang adil yang menjamin kepastian hukum merupakan suatu public good yang merupakan kebutuhan kita semua baik sebagai individu, bangsa dan negara. Penegakan hukum yang baik bukan saja diperlukan untuk perlindungan masyarakat, tetapi juga diperlukan untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi investor baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam penegakan hukum seringkali dibutuhkan informasi dan alat bukti berupa keterangan tentang keadaan keuangan seseorang atau pelaku tindak pidana. Dengan kata lain terdapat juga kepentingan umum untuk membuka rahasia bank tersebut, misalnya untuk pemberantasan tindak pidana yang hasilnya seringkali disimpan di bank. Terlebih lagi pada dewasa ini penegakan hukum dilakukan juga dengan pendekatan  mengejar hasil tindak pidana (follow the money). Pendekatan follow the money ini perlu dilakukan dengan beberapa alasan. Pertama, untuk mengurangi motivasi manusia sebagai homo ekonomicus untuk melakukan tindak pidana. Kedua, jangkauannya lebih jauh dan lebih adil karena dapat menjangkau pelaku yang ada “di belakang layar”. Ketiga, untuk memaksimalkan recovery aset hasil tindak pidana. Keempat, pendekatam ini relatif lebih mudah karena tidak banyak  mendapat resistensi.

Dengan demikian terdapat dua kepentingan umum yang bertemu, yaitu kepentingan nasabah dan industri perbankan dan kepentingan penegakan hukum. Mengingat kepentingan penegakan hukum diperlukan oleh semua pihak dan lebih besar dibandingkan dengan kepentingan perlindungan terhadap nasabah perorangan (financial privacy), maka ketentuan rahasia bank dapat diterobos untuk kepentingan penegakan hukum.

Penulis berpandangan bahwa suatu hal yang ideal dalam pengaturan ketentuan rahasia bank adalah bagaimana mencapai keseimbangan antara kepentingan pribadi nasabah, kepentingan perbankan  di satu sisi dengan kepentingan penegakan hukum di sisi lain. Dengan kata lain, yang terpenting adalah bagaimana menciptakan adanya keseimbangan antara kedua kepentingan tersebut. Keseimbangan tersebut bersifat dinamis, dapat berubah dari waktu ke waktu. Hanya saja kecenderungan pada akhir-akhir lebih berat kepada membuka ketentuan rahasia bank untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan penegakan hukum.

Buku ini mencoba menjelaskan tentang seluk-beluk rahasia bank, baik berupa filosofi, pengaturan, ruang lingkup rahasia bank, pengecualian terhadap ketentuan rahasia bank dan beberapa aspek yang terkait dengan penegakan hukum.

Akhirul kalam, sebagai penutup dari pengantar ini diharapkan kiranya buku yang masih banyak memiliki kekurangan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, semoga.

Wassalam,

Jakarta, 16 Agustus 2010

Penulis

~o0o~

 

 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar___iv

Daftar Isi___vii

Bab I       Pendahuluan___1

Bab II      Dasar Hukum Rahasia Bank___27

A.  Dasar Pemikiran Lahirnya Ketentuan Rahasia Bank___28

1.   Ketentuan Rahasia Bank Merupakan Kelaziman dalam Industri Perbankan___49

2.   Rahasia bank Didasarkan pada Perjanjian Antara Bank dan Nasabah___54

3.   Rahasia Bank Didasarkan pada Undang-Undang___65

B.   Hubungan Keterbukaan Bank dengan Rahasia Bank___70

C.   Perubahan Ketentuan Rahasia Bank di Indonesia___85

1.   Rahasia Bank Meliputi Segala Macam Nasabah___87

2.   Rahasia Bank Hanya Meliputi Penyimpan dan Simpanannya Saja___96

3.   Penyebab Perubahan Ketentuan Rahasia Bank___102

Bab III    Rahasia Bank dan Penegakan Hukum___113

A.  Pengertian Rahasia Bank di Indonesia___114

B.   Rahasia Bank dan Kepentingan Pihak-pihak Terkait___122

1.   Rahasia Bank dan Kepentingan Nasabah___122

2.   Rahasia Bank dan Kepentingan Penegakan Hukum___127

3.   Rahasia Bank dan Kepentingan DPR___137

4.   Rahasia Bank dan Eksekutif___143

C.   Perintah/Izin untuk Memberikan Keterangan Yang Bersifat Rahasia Bank___170

Bab IV    Penutup___181

Kepustakaan___187

Indeks___203

~~~o0o~~~


4 Responses to “Rahasia Bank dan Penegakan Hukum”


  1. Oktober 13, 2010 pukul 3:25 am

    horas..
    pak sebelumnya saya perkenalkan saya togu mahasiswa fakultas hukum universitas muhammadiyah surakarta, sekarang saya sedang menjalani skripsi, adapun kasus/problematika yang akan saya bahas adalah tentang pemalsuan tanda tangan dalam penarikan tabungan di salah satu bank swasta yang mana kejadian itu telah berhasil menarik uang sebesar 200 juta, akan tetapi belakangan si pelaku ketahuan dan diharuskan untuk menggati semua kerugian dan pihak bank tidak mau tahu tentang kerugian yang dideritra oleh nasabah tersebut.
    yang mau saya tanyakan, adakah norma yang dapat dijadikan landasan uantuk meminta pertanggung jawaban pihak bank atas kerugian nasabah tersebut.
    mohon bantuannya pak, mauliate…

  2. Oktober 13, 2010 pukul 8:07 am

    Sdr. Togu Nasution

    Sepertinya topik skripsi anda tersebut membutuhkan referensi buku2 hukum perbankan yang dikarang oleh Bpk. Dr. Zulkarnain Sitompu a.l. berjudul (1) “Lembaga Penjamin Simpanan: Substansi dan Pemasalahan”; dan 2) “Problematika Perbankan”. Kedua buku ini diterbitkan oleh Books Terrace & Library di Bandung (Kompleks Metro Trade Center Blok B No. 21, Jl. Soekarno-Hatta, Bandung 40268, Telp/Fax : 62-22-7537555), dan kedua buku tersebut mungkin masih tersedia pada penerbitnya (dapat dihubungi). Sedangkan buku yang dikarang Dr. Yunus Husein (“Rahasia Bank dan Penegakan Hukum”) ini pun tampaknya relevan dengan topik skripsi anda, tapi buku ini belum dipasarkan karena masih dalam proses pencetakan (mungkin sebulan lagi baru bisa dipasarkan ke publik). Informasi lain dapat mengkontak saya via email dan terima kasih atas kunjungannya.

    wassalam,
    edi.nasution@gmail.com

  3. 3 akbar wicaksono
    Maret 25, 2011 pukul 4:32 pm

    selamat malam pak,perkenalkan nama saya akbar wicaksono,saya mahasiswa s2 fakultas hukum universitas sebelas maret surakarta.saya tertarik dengan buku yang dikarang Dr. Yunus Husein (“Rahasia Bank dan Penegakan Hukum”) untuk menjadi bahan thesis saya pak, bagaimana cara mendapatkannya pak.
    terima kasih

    • 4 Edi Nasution
      Maret 28, 2011 pukul 1:45 am

      Sdr. Akbar Wicaksono, kalau di Jakarta dan sekitarnya, buku tersebut tersedia di Toko Buku Gramedia, demikian dan terima kasih atas kunjungannya, Wassalam.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Agustus 2010
S S R K J S M
« Apr   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 75,846 hits

%d blogger menyukai ini: